Minggu, 25 Desember 2011

MENYIKAPI PERKEMBANGAN TEKNOLOGI INFORMASI & TEKNOLOGI

Era globalisasi sebagai salah satu dampak pesatnya perkembangan teknologi informasi telah menjemput kita yang masih tertinggal jauh dibelakang. Banyak sekalifasilitas yang tersedia di masa sekarang ini mulai celluler, internet, VOIP dan fasilitas informasi lainnya, namum sering hal ini tidak kita sikapi dengan bijaksana. Baik golongan orang tua dan pemuda kurang bisa cepat menyerap dan memanfaatkan seluruh elemen global perkembangan ini.

Bagi kaum tua sering sekali cepat menyerah dan tidak bersemangat menyesuaikan diri dengan perkembangan di lingkungannya sehingga semakin jauh tertinggal dan buta akan informasi. Sedangkan di kalangan pemuda (yang didominasi pelajar) belum mampu menggunakan semua fasilitas dasar teknologi informasi di era ini. Kalaupun menggunakan fasilitas-fasilitas yang ada lebih cenderung pada coba-coba dan spekulasi bahkan sering sekali lepas dari tujuan dan fungsi utamanya. Dalam perkiraan hitungan kasar sekalipun sudah tampak bahwa di kalangan pemuda fasilitas-fasilitas ini sebagian besar berorientasi pada entertainment dan gengsi, tanpa melihat esensi yang semestinya.

Menilik kenyataan yang demikian ini kiprah organisasi-organisasi pemuda, pelajar dan organisasi kemasyarakatan yanglain perlu ikut mensosialisasikan pemanfaatan fasilitas ini. Tak boleh ketinggalan pula dalam hal ini IPNU-IPPNU juga harus ambil peran. Sebagai salah satu aset bangsa IPNU-IPPNU mempunyai tanggung jawab besar dalam membawa dan mengarahkan seluruh kadernya agar tidak terjebak dalam perkembangan teknologi ini.




Target utama adalah pembinaan kader akan kesadaran pentingnya teknologi informasi untuk komunikasi bukan teknologi informasi entertainment dan gengsi. Menurut beberapa situs yang mengelola statistik penggunaaan jaringan internet sebagian besar pengguna internet masih berorientasi pada entertainment dan situs-situs pornografi.

Menyikapi situasi sepertiini semua elemen bangsri ini harus bangkit dan peduli dengan hadirnya dunia TIK dan juga berusaha untuk mengambil manfaat positif sebesar-besarnya.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Web Hosting